Wednesday, 8 May 2013

MIGRANT JABAR TERJERAT BANK ASING



BANYAK BURUH MIGRANT JABAR TERJERAT BANK ASING
.
 Bandung
Saat ini diduga keras banyak buruh migrant asal jawa barat yang bekerja di luarnegeri sebagai TKI/TKW terjerat oleh bank asing yang beropersi di Jawa Barat, sebagai TKI/TKW yang akan bekerja di luar negeri mereka memberikan jaminan ke agen-agen penyalur tenaga kerja utnuk keberangkatan mereka  dengan menjaminkan harta mereka untuk menutupnya  tetapi diduga oleh para agen jaminan mereka itu di simpan atau dijaminkan ke bank asing tersebut, tetapi ketika keluarga mereka mau ngambil hak nya tersebut tidak diberikan oleh pihak bank.
            Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan Jawa Barat Humar Dani, SE, SH, MH, MM kepada wartawan usai deklarasi Organisasi perlindungan buruh tersebut di gedung Indonesia menggugat Bandung Selasa (30/4)
Dikatakan Humar Dani. Mereka para buruh seolah memberikan jaminan dengan  mengeluarkan uang berupa barang/surat tanah  untuk kepergian mereka tetapi diambil lagi sebagai keuntungan oleh para agen-agen mereka dengan menjaminkan barang mereka itu ke salah satu bank asing tetapi pada saat keluarga mereka mau ambil barang tersebut tidak bisa. Dengan kejadian ini para buruh itu harus membayar dengan kelebihan sekitar Rp. 8 jutaan per orang dari yang seharusnya mereka keluarkan ungkap Dani.
Menanggapi hal ini sebagai ketua DPD Astakira pembarharuan jabar yang juga anggota Komisi E DPRD jabar ini menyatakan, pihaknya telah meminta penjelesan atas hal tersebut dengan mengirim surat untuk meminta penjelasan  kepada Bank China trust. Dan meminta kepada dinasnaker jabar  untuk kerjasama dengan bank local  mengatasi hal tersebut dengan  melakukan mengapa mereka yang jauh dari kita kok bisa ! itu merugikan@1

No comments:

Post a Comment